Enter your keyword

Capaian Pembelajaran Lulusan

WhatsApp Image 2025-03-10 at 14.18.59

Program Studi S1 Rekayasa Kehutanan telah merumuskan 10 capaian pembelajaran yang telah disesuaikan dengan tujuan pendidikan Program Studi S1 Rekayasa Kehutanan yang merupakan ciri khas dari program studi. Berikut capaian yang diharapkan dari seorang lulusan Prodi Rekayasa Kehutanan, diantaranya:

  1. Kemampuan menerapkan ilmu matematika, biosain, teknologi informasi, ilmu kehutanan dan rekayasa untuk memahami rekayasa kehutanan secara komprehensif
  2. Kemampuan merancang rekayasa biosistem hutan untuk memperbaiki kualitas ekosistem dan produktivitas hutan secara lestari dengan mempertimbangkan aspek ekologi, ekonomi dan sosial
  3. Kemampuan untuk merancang dan melaksanakan eksperimen laboratorium dan/atau lapangan dalam bidang rekayasa kehutanan
  4. Kemampuan mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis dan memecahkan permasalahan rekayasa kehutanan
  5. Kemampuan memilih metode dan perangkat yang sesuai yang diperlukan dalam praktik rekayasa kehutanan
  6. Kemampuan berkomunikasi baik secara lisan, tulisan maupun visual dengan efektif
  7. Kemampuan merencanakan, melaksanakan dan menyelesaikan tugas-tugas dalam kendala tertentu
  8. Kemampuan bekerja sama dalam kelompok secara multidisiplin dan multikultural untuk pemecahan permasalahan aspek rekayasa kehutanan
  9. Kemampuan bekerja secara profesional bertanggung jawab dan berpegang pada etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan kerekayasaan kehutanan
  10. Kemampuan untuk mengembangkan diri dan beradaptasi terhadap perkembangan IPTEK melalui kesadaran pendidikan sepanjang hayat

Adapun keterkaitan antara Capaian Pembelajaran Lulusan dan Tujuan Pendidikan Prodi Rekayasa Kehutanan secara ringkas ditampilkan pada tabel berikut:

No. Capaian Pembelajaran Lulusan Tujuan Pendidikan Prodi
1 2 3
1 Kemampuan menerapkan ilmu matematika, biosain, teknologi informasi, ilmu kehutanan dan rekayasa untuk memahami rekayasa kehutanan secara komprehensif XX X
2 Kemampuan merancang rekayasa biosistem hutan untuk memperbaiki kualitas ekosistem dan produktivitas hutan secara lestari dengan mempertimbangkan aspek ekologi, ekonomi dan sosial. XX
3 Kemampuan untuk merancang dan melaksanakan eksperimen laboratorium dan/atau lapangan dalam bidang rekayasa kehutanan X XX
4 Kemampuan mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis dan memecahkan permasalahan rekayasa kehutanan X XX
5 Kemampuan memilih metode dan perangkat yang sesuai yang diperlukan dalam praktik rekayasa kehutanan X XX
6 Kemampuan berkomunikasi baik secara lisan, tulisan maupun visual dengan efektif X XX
7 Kemampuan merencanakan, melaksanakan dan menyelesaikan tugas-tugas dalam kendala tertentu X XX
8 Kemampuan bekerja sama dalam kelompok secara multidisiplin dan multikultural untuk pemecahan permasalahan aspek rekayasa kehutanan XX
9 Kemampuan bekerja secara profesional bertanggung jawab dan berpegang pada etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan kerekayasaan kehutanan XX
10 Kemampuan untuk mengembangkan diri dan beradaptasi terhadap perkembangan IPTEK melalui kesadaran pendidikan sepanjang hayat XX

Catatan: “X” menunjukkan bahwa Capaian Pembelajaran Lulusan konsisten dengan Tujuan Pendidikan Prodi

id_IDIndonesian
X