Enter your keyword

[:id]Capaian Pembelajaran[:en]Learning Outcomes[:]

[:id]Capaian lulusan S1 (Sarjana) berdasarkan panduan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) adalah sebagai berikut:

  1. Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahliannya, dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah.
  2. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
  3. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi.
  4. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

 

Berdasarkan panduan tersebut, capaian pembelajaran yang diraih alumni Program Sarjana Rekayasa Kehutanan SITH-ITB dirumuskan sebagai berikut.

  1. Mampu mengaplikasikan ilmu dasar dan rekayasa yang dibutuhkan untuk menganalisis dan menangani permasalahan di bidang kehutanan.
  2. Mampu menggunakan pendekatan dan perangkat yang diperlukan untuk praktik rekayasa kehutanan.
  3. Mampu merancang dan mengelola suatu ekosistem hutan.
  4. Mampu menyatakan pendapat dengan efektif secara lisan, tulisan dan visual.
  5. Mampu menyelesaikan masalah secara mandiri maupun dalam kelompok.
  6. Menunjukkan sikap profesional dan beretika dalam bekerja.
  7. Menunjukkan komitmen untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan melalui kesadaran pendidikan sepanjang hayat.
  8. Mampu menjelaskan dampak dari penanganan masalah rekayasa kehutanan dalam konteks global, ekonomi, lingkungan dan sosial.

[:en]The learning outcomes of study program refer to general description of KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) as stated bellow:

  1. Able to utilize science and technology in their fields of expertise, and  able to adapt to the situation faced in solving problems.
  2. Possess  theoretical concepts of certain fields of knowledge in general and  theoretical concepts of specific parts in the field of knowledge in depth, and able to formulate procedural problem solving.
  3. Able to take strategic decisions based on analysis of information and data, and provides instructions in choosing various alternative solutions.
  4. Responsible for own work and for the organizational achievement.

Based on those points, the learning outcomes expected to be obtained by the graduates of Forestry Engineering are formulated as follows:

  1. Able to apply basic and engineering knowledge needed to analyze and handle problems in the forestry sector.
  2. Able to use approaches and tools needed for forestry engineering practices.
  3. Able to design and manage a forest ecosystem.
  4. Able to effectively express opinions verbally, in writing and visually.
  5. Able to solve problems independently or in groups.
  6. Demonstrates professional and ethical attitudes in work.
  7. Demonstrates a commitment to improve capabilitiesand skills through awareness of lifelong education.
  8. Able to explain the impact of handling forestry engineering problems in a global, economic, environmental and social context.

[:]

X