Profil

Hutan merupakan infrastruktur alam yang memberikan jasa lingkungan penting, termasuk penyediaan berbagai komoditas, baik dari kelompok kayu maupun bukan kayu. Di sisi lain, tingginya nilai ekonomi produk hutan juga menjadi penyebab gangguan kelestarian hutan itu sendiri. Hutan yang awalnya menutupi lebih dari 70% daratan Indonesia kini terancam laju deforestasi yang melebihi satu hektar per tahun. Hal ini diperburuk dengan kenyataan bahwa kurikulum kehutanan belum mampu merespon kebutuhan dan tantangan kehutanan yang semakin kompleks, terutama dalam hal optimasi pemanfaatan dan penjaminan kelestarian dan keberlanjutan sumber daya kehutanan.

Fakta di atas menunjukkan bahwa tantangan terbesar dalam pendidikan bidang kehutanan adalah penyediaan sumber daya manusia yang mampu melindungi, memanipulasi, membangun dan mengelola hutan beserta segala produk dan jasa di dalamnya secara berkelanjutan. Untuk itu dibutuhkan paradigma baru pendidikan kehutanan yang mengutamakan aspek rekayasa bioproses dan biosistem kehutanan.

Program Studi Rekayasa Kehutanan diharapkan menjadi jawaban atas problematika pengelolaan hutan Indonesia. Program studi ini mencakup bidang-bidang strategis yang dikembangkan berdasarkan 10 (sepuluh) konsep dasar. Konsep-konsep ini merepresentasikan cara pandang holistik menuju pengelolaan hutan yang lebih berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.

img-1

Dengan menjadikan sepuluh konsep tersebut sebagai landasan, dikembangkan bentuk pendidikan keilmuan interdisipliner yang memadukan ilmu kehutanan (forestry science) dan rekayasa (engineering) yang diaplikasikan dalam perekayasaan berbasis bioproses serta biosistem untuk untuk menghasilkan professional forest engineers. Lulusan tersebut diasah untuk memiliki kemampuan utama dalam menjaga kelestarian hutan, memanipulasi hutan untuk pemanfaatan berkelanjutan dan membangun/mengkonstruksi hutan-hutan baru.

Berdasarkan landasan konsep di atas, kami merumuskan Program Studi Rekayasa Kehutanan dengan visi dan misi sebagai berikut.

 

Visi

“Menjadi program studi unggul dalam membangun hutan tropika.”

Misi

“Mengembangkan pendidikan dan penelitian di bidang kehutanan dengan mengintegrasikan sains dan rekayasa untuk menjaga kelestarian hutan, memanipulasi hutan untuk membangun hutan-hutan baru yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia secara berkelanjutan.”