[:id]Capaian lulusan S1 (Sarjana) berdasarkan panduan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) adalah sebagai berikut:
- Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahliannya, dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah.
- Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
- Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi.
- Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.
Berdasarkan panduan tersebut, capaian pembelajaran yang diraih alumni Program Sarjana Rekayasa Kehutanan SITH-ITB dirumuskan sebagai berikut.
- Mampu mengaplikasikan ilmu dasar dan rekayasa yang dibutuhkan untuk menganalisis dan menangani permasalahan di bidang kehutanan.
- Mampu menggunakan pendekatan dan perangkat yang diperlukan untuk praktik rekayasa kehutanan.
- Mampu merancang dan mengelola suatu ekosistem hutan.
- Mampu menyatakan pendapat dengan efektif secara lisan, tulisan dan visual.
- Mampu menyelesaikan masalah secara mandiri maupun dalam kelompok.
- Menunjukkan sikap profesional dan beretika dalam bekerja.
- Menunjukkan komitmen untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan melalui kesadaran pendidikan sepanjang hayat.
- Mampu menjelaskan dampak dari penanganan masalah rekayasa kehutanan dalam konteks global, ekonomi, lingkungan dan sosial.
[:en]The learning outcomes of study program refer to general description of KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) as stated bellow:
- Able to utilize science and technology in their fields of expertise, and able to adapt to the situation faced in solving problems.
- Possess theoretical concepts of certain fields of knowledge in general and theoretical concepts of specific parts in the field of knowledge in depth, and able to formulate procedural problem solving.
- Able to take strategic decisions based on analysis of information and data, and provides instructions in choosing various alternative solutions.
- Responsible for own work and for the organizational achievement.
Based on those points, the learning outcomes expected to be obtained by the graduates of Forestry Engineering are formulated as follows:
- Able to apply basic and engineering knowledge needed to analyze and handle problems in the forestry sector.
- Able to use approaches and tools needed for forestry engineering practices.
- Able to design and manage a forest ecosystem.
- Able to effectively express opinions verbally, in writing and visually.
- Able to solve problems independently or in groups.
- Demonstrates professional and ethical attitudes in work.
- Demonstrates a commitment to improve capabilitiesand skills through awareness of lifelong education.
- Able to explain the impact of handling forestry engineering problems in a global, economic, environmental and social context.
[:]