Kuliah Lapangan Ekologi Hutan Tropika 2015

Mata kuliah BW2203 Ekologi Hutan Tropika memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempelajari ekosistem hutan, khususnya hutan tropis di Indonesia baik dari segi struktur, komponen, proses, fungsi dan dinamika di dalamnya. Konsep-konsep dasar tersebut kemudian dikaitkan dengan aplikasi dalam pelestarian, pengelolaan dan rekayasa hutan.

IMG_3194Untuk mendukung kegiatan perkuliahan dan praktikum, Program Studi Rekayasa Kehutanan menyelenggarakan “Kuliah Lapangan Ekologi Hutan Tropika di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Lampung” pada tanggal 8-12 April 2015 di bawah bimbingan Dr. Endah Sulistyawati dan Dr. Yoyo Suhaya. Diharapkan, kegiatan ini dapat melatih keterampilan mahasiswa dalam menggunakan metodologi penelitian ilmiah untuk mendeteksi permasalahan lingkungan serta mencari solusinya, terutama pada ekosistem hutan tropika.

Selama kegiatan ini berlangsung, mahasiswa dibawa untuk melakukan berbagai aktivitas pengambilan data seperti: analisis struktur dan komposisi ekosistem hutan hujan dataran rendah; analisis biomassa dan stok karbon tumbuhan; estimasi populasi arthropoda tanah dan serangga terbang; estimasi populasi mamalia kecil; analisis struktur dan komposisi ekosistem hutan mangrove serta analisis keragaman burung.
Berikut adalah beberapa foto kegiatan kuliah lapangan tahun ini (Courtesy of Agus Mawardi).

IMG_4396 IMG_3362 IMG_4059IMG_3425

Berita Terkait