KULIAH TAMU Prof (R). Dr. Anita Firmanti, Ir.,MT

kamis tanggal 5 Desember 2013 pukul 13.30 sd 15.00 Wib bertempat di gedung kuliah umum lantai 1 kampus ITB Jatinangor telah diselenggarakan kuliah tamu ke tiga oleh Kelompok Keilmuan (KK) Teknologi Kehutanan dengan tema “Harmonisasi Hutan dan Lingkungan Permukiman”. Pembicara dalam kuliah tamu ini adalah Prof (R). Dr. Anita Firmanti, Ir., MT selaku Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman (Puslitbangkim) Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen PU) Republik Indonesia. Kuliah tamu yang dihadiri oleh dosen dan mahasiswa SITH ITB ini dimoderatori oleh Dr. Eka Mulya Alamsyah.

Dalam pemaparannya, Prof (R). Dr. Anita Firmanti, Ir., MT menjelaskan bahwa secara garis besar harmonisasi hutan dan lingkungan permukiman dapat dilihat dari peran hutan baik secara langsung maupun tidak langsung bagi lingkungan permukiman termasuk manusia dan organisme lain yang hidup di dalamnya. Peran hutan dimaksud bagi lingkungan permukiman adalah dalam rangka memberikan jasa/layanan baik ekologi maupun ekonomi. Jasa ekologi dari hutan yang dapat dimanfaatkan oleh lingkungan permukiman dapat berupa udara yang segar, sejuk dan bersih, sumber-sumber mata air bersih yang bisa langsung dikonsumsi maupun yang tidak dapat langsung dikonsumsi dan lain-lain. Sedangkan jasa ekonomi yang dapat diambil dari hutan bisa dalam bentuk kayu sebagai bahan bangunan untuk permukiman, kayu sebagai bahan bakar (energi) yang dapat diperbaharui, kayu sebagai bahan baku industry tekstil, pulp, kertas dan lain-lain. Peran manusia sebagai sumberdaya insani yang arif dalam menjaga, memelihara dan memanfaatkan hutan/hasil hutan tentu saja akan berdampak pada tercapainya harmonisasi hutan bagi lingkungan permukiman pada saat ini maupun di masa yang akan datang.

Di akhir pemaparannya, Prof (R). Dr. Anita Firmanti, Ir., MT menyampaikan apresiasi atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta dan mengajak seluruh mahasiswa untuk selalu optimistis, belajar yang tekun dan bersungguh-sungguh untuk meraih masa depan Indonesia yang lebih baik. Sebelum kuliah tamu berakhir Dr. Devi N Choesin selaku Ketua Program Studi S1 Rekayasa Kehutanan SITH ITB berkesempatan menyerahkan piagam penghargaan dan cindera mata kepada pembicara sampai akhirnya kuliah tamu ini ditutup dengan sesi Photo bersama (EMA).

Berita Terkait