Workshop Mengenal Hutan dan Kehutanan Mendapat Respon Luar Biasa dari Siswa-Siswi dan Guru-Guru SMA se Bandung Raya

Workshop Mengenal Hutan dan Kehutanan yang diselenggarakan oleh Prodi Rekayasa Kehutanan SITH ITB pada hari Rabu, 14 Maret 2012, bertempat di Ruang Sidang Gedung Utama Kampus ITB Jatinangor, mendapat respon yang luar biasa dari para pesertanya, yang didominasi oleh siswa-siswi kelas 3 SMA di wilayah Bandung Raya. Selain diikuti oleh para siswa, workshop tersebut juga diikuti oleh para guru pengajar PLH (Pendidikan Lngkungan Hidup) di SMA. Worksop diiikuti oleh 105 peserta dari 35 SMA di Bandung dan sekitarnya. Workshop dibuka oleh Ibu Dekan SITH Prof. Dr. Ir. Tati Suryati Syamsudin Subahar MSc., DEA, dilanjutkan dengan acara Pemaparan Prodi Baru Rekayasa Kehutanan di hadapan para peserta oleh Ibu Dekan dengan dipandu oleh Dr. Wawan Gunawan Ir. MP. Diskusi megenai prodi baru Rekayasa Kehutanan berlangsung lebih kurang 15 menit, dan setelah itu dilanjutkan dengan acara coffee break.

Memasuki acara inti workshop Mengenal Hutan dan Kehutanan, peserta disuguhi dengan acara penayangan Film berdurasi pendek (10 menit) yang berjudul “Turtle Word”,  dipandu oleh Dr. Yayat Hidayat SHut. M.Si.  Film tersebut mengilustrasikan kehancuran lingkungan akibat keserakahan penghuni muka bumi. Setelah selesai, pemandu acara, Susana Paulina Dewi S.Hut, M.Si, mempersilahkan peserta mengikuti acara pemaparan dan diskusi sesi pertama.

Topik pada sesi  pertama menyangkut aspek manajemen hutan, disampaikan oleh tiga pembicara , yaitu pertma Dr. Yooce Yustiana, Ir. MS. , membawakan makalah berjudul  “ Pengertian, Batasan, Jenis dan Fungsi Hutan. Pembicara kedua : Dr. Yayat Hidayat, S.Hut. M.Si., membawakan makalah berjudul “ Sistem Silvikultur Hutan Alam dan Hutan Tanaman Tropis”, serta pembicara ketiga dengan judul makalah “Ekologi Hutan Alam dan Hutan Tanaman Tropis” disampaikan oeh Dr. Hikmat Ramdhan S.Hut., M.Si. Dengan diselingi nada humoris yang ceria sang moderator, Ichsan Suwandi, S.Hut., M.P, mampu menghidupkan suasana diskusi pada sesi pertama ini yang disambut dengan antusias peserta untuk bertanya. Tepat pukul 12 siang, sesi pertama usai, dilanjutkan dengan rehat Ishoma.

Pukul 13.00 pemandu acara kedua, Sofiatin S.Hut. M.Si, mempersilahkan peserta memasuki ruangan untuk memulai acara sesi kedua dengan topik aspek Hasil Hutan. Sesi kedua dimoderatori oleh Ir. Sutrisno, M.Si. Pembicara pertama adalah Dr. Eka Mulya Alamsyah S.Hut, membawakan makalah berjudul “ Mengenal Hasil Hutan Kayu”, dilanjutkan dengan materi kedua berjudul “ Mengenal Hasil Hutan Non Kayu” yang disampaikan oleh Dr. Anne Hadiyane, S.Hut. M.Si. Materi penutup pada sesi ini adalah “ Teknologi Pengolahan Hasil Hutan Kayu dan Non Kayu” yang disampaikan oleh Dr. Ihak Sumardi.

Di penghujung acara workshop diisi dengan kegiatan kunjungan lapangan (fieldtrip) mengenal kondisi vegetasi pohon tropis di lahan kampus ITB Jatinangor. Acara fieldtrip tersebut dipandu oleh Sopandi Sunarya S.Hut., M.Si., dibantu oleh Nurudin S.Hut., M.Si. Dalam kesempatan yang sama peserta diberi penjelasan mengenai Areal Konservasi Plasma Nutfah (AKPN) yang dimiliki kampus ITB Jatinangor. Sebagai penutup acara, dipanjatkan do’a bersama yang dipimpin oleh ustadz Elham Sumarga S.Hut., M.Si.

Acara workshop turut  dimeriahkan oleh rekan-rekan dari prodi Rekayasa Pertanian, yang membuka stand Pameran produk-produk pertanian, diiringi oleh alunan musik organ tunggal dimainkan oleh Ir. Agustania, MP. dan kawan kawan. Acara tersebut dapat berjalan dengan lancar berkat kerja kerasa panitia dan kebersamaan antara dosen dan karyawan yang ada di Jatinangor. (***Yahid)

Berita Terkait